Jumat, 24 Agustus 2018

Inilah 5 Game Plagiat Yang Gagal Terkenal Dikalangan Masyarakat


Inilah 5 Game Plagiat Yang Gagal Terkenal Dikalangan Masyarakat - Pada kesempatan kali ini HarisMeon akan membagikan beberapa game dari hasil plagiat yang gagal terkenal di kalangan Masyarakat.

Game plagiat seperti yang kita ketahui sudah banyak beredar sekarang ini, khususnya di Android, baik itu plagiatnya hampir menyeluruh atau hanya gameplay dan konsep yang sama.

Inilah 5 Game Plagiat Yang Gagal Terkenal Dikalangan Masyarakat


Game plagiat ini terkadang malah bisa lebih terkenal  dari original-nya. Eh, tapi di daftar ini game plagiat ini malah gagal tenar lho.

Nah, kali ini HarisMeon sudah merangkum daftar 5 game plagiat yang gagal tenar. Penasaran apa ajah game nya? Simak sajah uraian berikut!


1. Tattoo Assassins






Tattoo Assassins adalah game fighting yang dirilis pada tahun 1944 di mana pada saat itu ada game fighting unik yang bernama Mortal Kombat yang sangat populer pada saat itu. Hal itu akhirnya membuat developer dari game ini tertarik untuk mencoba peruntungan dengan meniru game tersebut. Tapi bukannya tenar seperti game Mortal Kombat, game ini malah tidak pernah terdengar namanya sama sekali. Mungkin hal itu dikarenakan kualitas dari game ini sangat buruk. Meskipun game ini memiliki motion yang diambil melalui orang asli seperti game Mortal Kombat, namun fatality dari game ini terasa sangat bodoh sehingga kamu yang memainkannya sendiri akan jijik melihatnya. 

2. Unearthed: Trail of Ibn Battuta




Dari namanya saja jika Anda termasuk ke dalam fans dari konsol PlayStation Anda pasti sudah kepikiran ke judul game AAA ternama buatan Naughty Dog, yaitu Uncharted. Game ini dibuat oleh developer dari negara Saudi Arabia yang dirilis untuk platform Android dan gameplay dari game ini sendiri cukup enjoyable untuk dimainkan di layar smartphone. Hanya saja gameplay-nya terasa seperti terasa Uncharted dan elemen plagiarismenya cukup terasa. Kualitas dari game ini sebenarnya cukup bagus, namun akan lebih baik jika mereka bisa membangun game yang memiliki originalitas dari studio mereka.

3. Tribal Mania




Melihat dari screenshot-nya saja Anda pasti teringat dengan game buatan Supercell yang berjudul Clash Royale. Jika kamu berpikir demikian, maka Anda tidak salah karena game ini sangat mirip dengan game tersebut. Hanya saja game ini mengambil tema prasejarah di Mesir Kuno. selain dari tema, art, dan asset 3D lainnya, gameplay dari game ini bisa dibilang seratus persen nyontek game Clash Royale. Tapi game ini tidak memiliki nasib yang sama seperti Clash Royale dan namanya jarang terdengar.

4. Saints Row





Kalau Anda pikir seri Saints Row itu merupakan seri original yang dibuat sejak awal, maka Anda salah mengenai hal tersebut karena seri pertama dari Saints Row merupakan plagiat dari game Grand Theft Auto, di mana game ini memiliki mekanisme yang sama seperti GTA: San Andreas. Jadi pemain harus membangun geng dan menguasai beberapa daerah. Tapi apakah game ini sesukses San Andreas? Ternyata tidak. Game ini gagal di pasaran dan dicap sebagai game plagiat pada saat itu. Developer dari game ini akhirnya merilis lanjutan dari seri ini yang akhirnya memiliki identitas orisinil dengan elemen absurd di dalamnya yang membuat game ini tampak berbeda dari GTA. Hal ini barulah direspon cukup baik di kalangan gamer.


5. The Great Giana Sisters




Game plagiat ternyata sudah terjadi sejak lama. Bahkan sejak era NES sudah ada developer yang menyontek game Nintendo, di mana semua gamenya berjaya pada masa itu. The Great Giana Sisters adalah salah satu contoh game memalukan yang telah menyontek Super Mario Bros pada masa itu. Kamu dapat melihat kesamaan art yang signifikan dari kedua game ini yang ditambah dengan beberapa sedikit penyesuaian agar tidak terlihat terlalu plagiat. Kabarnya, Nintendo tidak ada menuntut developer ini sama sekali, tapi jika dipikir tidak ada gunanya juga karena game ini tidak ada yang memainkannya.

Demikianlah ulasan tentang beberapa game plagiat yang gagal terkenal. Bagaimana menurut Anda, apakah game plagiat tersebut lebih baik tidak pernah dibuat? Atau ada game plagiat lain yang gagal tenar? Silakan berbagi di kolom komentar oke!, TERIMAKASIH.


EmoticonEmoticon