Rabu, 04 Juli 2018

Inlahi 5 Hal yang Harus Diperhatikan oleh Bisnis Pemula

Inlahi 5 Hal yang Harus Diperhatikan oleh Bisnis Pemula - Pada kesempatan kali ini HarisMeon akan memberikan pelajaran tentang hal -hal yang harus diperhatikan oleh pembisnis pemula.


Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Dibutuhnya nyali dan kreativitas yang tinggi untuk melakukannya. Selain itu, Anda pun harus banyak melakukan hal yang memberikan kontribusi positif bagi usaha Anda termasuk dalam kehidupan sehari-hari agar bisnis Anda berhasil. Sebagai permulaan, inilah 5 hal yang harus anda diperhatikan oleh bisnis pemula.

Inlahi 5 Hal yang Harus Diperhatikan oleh Bisnis Pemula





1.Perkaya wawasan


Selalu up to date dan berpikiran terbuka adalah kewajiban bagi pebisnis, terutama yang baru memulainya. Jika Anda belum melakukannya, maka mulailah dari sekarang! Dengan wawasan yang luas dan pengetahuan terkini, Anda dapat melihat berbagai kesempatan yang menguntungkan saat memulai bisnis, maupun di masa mendatang. Hal tersebut bisa mengenai strategi bisnis, inovasi terbaru yang akan memudahkan bisnis, termasuk tren bisnis masa kini. Terlebih, jika Anda adalah orang pertama yang mengetahui perubahan tersebut di wilayah Anda berbisnis.

Kini, wawasan bukanlah hal yang sulit untuk dicari. Jadi, tidak ada alasan untuk ketinggalan zaman. Untuk Anda yang baru memulai bisnis atau yang sudah menjalankannya, temukanlah pengetahuan dari berbagai media, misalnya media cetak seperti surat kabar atau majalah. Lebih mudahnya, Anda pun dapat mengakses informasi melalui media elektronik yang selalu update setiap detiknya. Namun, tidak ada yang mengalahkan wawasan yang Anda dapat dari para ahli. Saat ini telah hadir DBS Business Class yang menggabungkan semuanya. Anda dapat mengakses pengetahuan terkini mengenai dunia bisnis, insights terbaru, bahkan berdiskusi dengan pakar bisnis Asia.

2.Bangun lebih pagi


Bangun pagi, ternyata memang bermanfaat bagi Anda, para pebisnis. Setidaknya, beberapa entrepreneur telah menjadi bukti bahwa bangun pagi memang menjadi kebiasaan orang sukses. Tim Cook, CEO dari Apple, contohnya. Ia mengaku bahwa pukul 5 pagi telah berada di gym untuk berolah raga. Sementara itu, dikutip dari Businesss Insider, salah seorang karyawannya menyatakan bahwa Tim Cook telah mengirimkan surat elektonik sejak pukul lima pagi.

Kebiasaan ini bukan hanya baik untuk tubuh Anda, sebab lebih siap menghadapi berbagai kemungkinan sepanjang hari. Anda pun dapat memperoleh pikiran yang lebih segar dan memiliki kesempatan lebih awal disbanding lawan bisnis Anda yang mungkin masih terlelap. Lagi pula, bukan hal yang sulit untuk membiasakan diri bangun pagi, bukan?

3.Buka jaringan


Menghabiskan detik demi detik hanya berkutat pada ruangan kerja dan berkas-berkas bisnis Anda ternyata belum tentu memberikan dampak positif bagi usaha Anda. Hal ini sering menjadi kekeliruan dari mereka yang baru saja memulai bisnis. Tidak perlu terus menerus terpaku dengan bisnis Anda! Sering kali, kebiasaan tersebut justru menyulitkan di kemudian hari, sebab Anda tidak memiliki kehidupan sosial.

Gunakanlah sebagian kecil dari waktu Anda untuk berjejaring (networking). Sebab, jaringan kehidupan sosial berbanding lurus dengan terbukanya kesempatan. Semakin luas jaringan yang Anda buka, maka semakin besar pula kesempatan untuk berkembang. Jadikanlah momen berjejaring ini sebagai sebuah cara untuk soft selling.

4.Menjaga kesehatan


Penting namun sering terlupakan, kira-kira begitulah kesehatan bagi seorang pebisnis. Tidak ada salahnya mengutamakan kegiatan yang menguntungkan. Namun, bekerja hingga larut makan hingga melupakan gaya hidup sehat justru akan merugikan Anda di kemudian hari.

Selalu ingat bahwa sebagai seseorang yang memulai bisnis, Anda lah titik tumpu dari keberhasilan bisnis tersebut. Jika bukan Anda, siapa lagi yang akan menjalaninya? Untuk itu, selalu luangkan waktu untuk beristirahat dengan cukup dan menjaga pola hidup yang sehat. Dengan begitu, Anda akan dapat menjalani hari-hari dalam memulai bisnis ini dengan lebih bersemangat.

5.Membuat segala hal lebih terorganisasi


Merapikan folder di komputer dan mengorganisasi hal lainnya kadang dianggap sebagai hal yang sepele. Namun, siapa sangka? Kebiasaan ini ternyata mampu memberikan dampak yang besar bagi jiwa bisnis Anda. Dengan membiasakan diri lebih terorganisasi dalam berbagai hal, dimulai dari hal-hal kecil, kehidupan Anda akan sedikit demi sedikit berubah menjadi lebih teratur.

Demikian pula dengan bisnis yang sedang dimulai. Sebab, bisnis Anda akan mencerminkan sikap Anda. Jika Anda bukanlah orang yang rapi, maka berbagai hal mengenai ketidakteraturan akan mulai menghambat bisnis. Jadi, mulailah untuk mengorganisasi berbagai hal di hidup Anda.
Demikianlah penjelasan tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika mau memulai bisnis, Semoga bermanfaat bagi sahabat semua, TERIMAKASIH.


EmoticonEmoticon