Sabtu, 30 Juni 2018

Inilah 6 Cara Usaha Agar Sukses Berbisnis Untuk Berjangka Pajang

Inilah 6 Cara Usaha Agar Sukses Berbisnis Untuk Berjangka Pajang - Pada kesempatan kali ini harismeon akan membagikan beberapa cara usaha berbisnis agar berjangka panjang.


Bagi pengusaha muda atau yang baru terjun ke Dalam dunia bisnis, mencari keuntungan yang banyak dalam waktu singkat sering menjadi godaan paling berat. Apalagi dengan kondisi modal yang masih cukup dan semangat tinggi, terkadang para wirausahawan pemula tak tanggung-tanggung mengerahkan sumber daya mereka untuk mengejar  keuntungan tersebut.

Inilah 6 Cara Usaha Agar Sukses Berbisnis Untuk Berjangka Pajang


Keuntungan serta arus uang yang datang tiba-tiba dalam jumlah besar terkadang menjadi satu pemicu para pengusaha lepas kendali di awal bisnisnya. Padahal dunia dagang dan bisnis adalah sesuatu  yang penuh ketidak pastian. Ramai hari ini belum tentu ramai esok hari, untung hari ini jika tidak dikelola dengan baik bisa jadi penyebab rugi di lain hari.



Agar tidak mudah tergoda keuntungan sesaat dan bisnis bisa berjangka panjang, Anda bisa melakukan cara yang harismeon rangkum berikut :

1. Pisahkan urusan bisnis dan pribadi


Cara berikut ini hampir ada di setiap situs bisnis mulai dari Forbes, Black Enterprise, atau pun Fortune. Sebab menurut para pakar bisnis hal ini sering diabaikan, terlebih oleh para pemula dalam menjalankan bisnisnya.

Biasanya karena merasa uang berasal dari sumber yang sama dan akan berujung sama, biaya yang seharusnya untuk keperluan bisnis terkadang tercampur aduk dengan pengeluaran pribadi. Begitu pula untuk sisi pemasukan. Sehingga saat harus mengecek alur transaksi, si pemilik usaha sering kebingungan karena uang yang masuk dan keluar sudah saling tumpang tindih.

Cara paling mudah untuk melakukan cara sukses usaha yang pertama ini adalah, Anda harus memulai memisahkan akun bank atau kartu kredit untuk keperluan pribadi dengan keperluan bisnis. Semakin cepat pemisahan dibuat akan lebih baik. Karena dengan begitu, transaksi menjadi lebih rapi dan mudah terdeteksi.

2. Efisien dalam pengeluaran


Cara kedua sukses usaha berjangka panjang , bukan berarti Anda harus pelit, tapi sebagai pengusaha memang sangat penting menahan diri untuk pengeluaran yang tidak perlu. Black Enterprise menyarankan Anda untuk menghitung secara matang pengeluaran biaya menjadi tetap dan tidak tetap. Yang  paling penting, selalu utamakan pengeluaran tetap, jika ada sisa barulah luangkan untuk biaya yang lebih variabel.

3. Atur anggaran arus kas dan pengeluaran


Cara sukses usaha yang ketiga ini bisa Anda ikuti secara mudah dengan menggunakan sistem buku kas atau aplikasi yang kini banyak tersedia di gadget. Kemudian, masukanlah komponen utama penerimaan yang bisa diantisipasi beserta dengan pengeluarannya, sehingga Anda bisa memperkirakan arus kas yang tersedia. Perlu diingat agar Anda selalu memperbarui catatan ini agar arus kas tetap terpantau dan bisa disesuaikan dengan rencana bisnis.

4. Perhatikan tenaga kerja


Cara berikutnya perhatikan tenaga kerja, biaya untuk tenaga kerja adalah salah satu faktor biaya yang sangat penting diperhitungkan ketika Anda menjalankan bisnis. Baik pekerja tetap maupun temporer, sebaiknya Anda menghitung secara seksama segala biaya yang menjadi hak si pekerja. Termasuk uang lembur, tunjangan kesehatan, dan lain-lain.

Jika masih terdapat ruang dan kinerjanya tercatat baik, jangan ragu memberi insentif atau bonus untuk memompa semangatnya, begitu pula sebaliknya. Karena menurut Forbes, pekerja adalah investasi yang sangat penting untuk bisnis Anda. Mencatat kinerja dan prestasi mereka sangat disarankan dan bisa membantu Anda membuat keputusan bisnis di masa mendatang.

5. Bayar dan tagih tepat waktu


Cara selanjutnya adalah bayar dan tagihan tepat waktu  cara ini juga tidak kalah penting lho!. Fortune mencatat banyak usaha yang sukses secara keuntungan tapi karena mengabaikan tagihan yang jadi kewajiban, mereka bisa langsung bangkrut. Oleh karena itu, bayarlah tagihan yang menjadi tanggung jawab Anda, seperti pajak, kredit pinjaman, asuransi, dan kewajiban lainnya Pada tepat waktu. Begitu juga dalam urusan menagih piutang terhadap konsumen. Cara  ini memang terlihat simpel, namun bisa menyelamatkan bisnis Anda dalam jangka panjang alias panjang umur.

6. Konsultasi dengan ahli


Bagaimana pun, Anda jangan pernah ragu bertanya, baik Anda pebisnis pemula maupun sudah bergelut cukup lama di bidang usaha. Konsultasi bisa Anda lakukan dengan bertanya kepada pebisnis yang lebih berpengalaman atau bahkan langsung menyewa tenaga ahli. Dengan menggunakan tenaga ahli, mintalah mereka untuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan bisnis Anda. Forbes pun menyarankan agar Anda jangan ragu meminta para ahli untuk mencarikan skema terbaik demi menumbuhkan bisnis Anda.

Selain semua cara sukses usaha tersebut, sebaiknya Anda juga mulai mengatur keuangan dengan membuka rekening DBS iGiro. Selain proses pembukaan rekeningnya mudah, dengan iGiro, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya dormant atau administrasi apapun. Cukup membayar sesuai nominal transaksi. Sangat mudah, bukan?

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara usaha agar sukses berbisnis untuk jangka panjang semoga dengan artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. TERIMAKASIH.

2 komentar

memisahkan antara urusan bisnis dan pribadi masih dirasa sulit. apalagi kalo urusan pribadi yg sedang terperosok


EmoticonEmoticon