Sabtu, 30 Juni 2018

Inilah 10 Cara Membuat Gorengan Sehat,Enak ,dan Renyah

Inilah 10 Cara Membuat Gorengan Sehat,Enak ,dan Renyah - Pada kesempatan kali ini harismeon akan membagikan sebuah resep untuk membuat gorengan sehat dan enak.


Membuat gorengan, semua pasti bisa membuatnya bukan ? . Apalagi untuk gorengan umum seperti bakwan sayur, tempe goreng tepung, tempe mendoan, tahu isi, pisang goreng dll. Namun kadang setiap orang hasilnya bisa berbeda-beda. Karena walaupun simple dan mudah, ada beberapa cara  agar membuat gorengan yang enak dan sehat. Berikut ini cara-caranya : 

Inilah 10 Cara Membuat Gorengan Sehat,Enak ,dan Renyah





  1. Selalu gunakan minyak yang bagus dan berkualitas untuk membuat gorengan. Supaya hasilnya bagus dan enak. Kalau memang minyak jelantah yang susah kecokelatan dan dipakai berulang-ulang maka hasil gorengan akan kurang cantik dari segi warnanya dan pastinya tidak sehat.
  2. Ketika menggoreng gorengan, sebaiknya dalam minyak banyak dan terendam, agar matang sempurna sampai ke bagian dalam-dalamnya juga. Jika Anda meggunakan sedikit minyak untuk gorengan maka hasilnya bagian luar mateng tetapi dalamnya biasanya masih agak mentah. Saat menggoreng, jangan terlalu banyak memasukkan adonan ke dalam wajan. Gorengan harus di selimuti gelembung-gelembung minyak agar bisa matang sempurna dan panasnya stabil.
  3. Gunakan tepung terigu protein sedang atau rendah, untuk gorengan yang di buat adonan seperti bakwan. Jangan pernah menggunakan tepung terigu protein tinggi karena nanti akan alot dan keras bakwannya. Jadi jika Anda ingin membuat bakwan, buatlah dulu adonan tepung yang di campur bumbu dan air, lalu di aduk sampai rata, kemudian masukkan sayuran isi bakwannya, aduk sampai rata, jangan terlalu kuat mengaduknya maka hasil bakwan akan lembut dalemnya dan gak alot.
  4. Untuk bakwan jagung, gunakan jagung manis agar bakwannya lebih enak. Sebagian jagung di pipil dan sebagian lagi di haluskan kasar agar rasa jagungnya bisa lebih menonjol agar teksture jagung lebih terasa.
  5. Untuk Membuat pisang goreng, adonan harus pas kekentalannya. Jangan terlalu kental atau terlalu encer pokoknya sedang. Jika terlalu encer, maka hasil pisang goreng akan berminyak. Jangan menambahkan gula terlalu banyak ke adonan kulit pisang goreng. Jika terlalu banyak akan cepat gosong pisang gorengnya.
  6. Untuk membaut tempe mendoan, gunakan tempe papan agar lebih mudah di potong tipis-tipis. Adonan tempe mendoan akan lebih enak jika di tambah daun bawang atau kucai. Agar lebih krispi hasil tempe mendoanya bisa di tambah sedikit tepung beras atau tepung tapioka di adonan pencelupnya.
  7. Untuk tahu isi, adonan kulitnya harus encer. Bisa juga ditambahkan tepung beras agar saat goreng akan renyah dan tidak bermiyak kulit tahu isinya. Gunakan tahu pong yang berkantung agar bisa di isi dengan bahan isian lebih banyak.
  8. Jika untuk konsunsi pribadi, maka gorenglah gorengan sesaat sebelum di sajikan jadi masih terasa hangat dan semakin nikmat gorengannya. Bahan-bahan bisa di racik dulu sebelumnya.
  9. Untuk gorengan yang lebih gurih, lebih baik gunakan kaldu bubuk daripada MSG. Kaldu bubuk bisa ayam atau sapi. Kaldu bubuk beda lho dengan MSG rasanya jika di buat campuran adonan gorengan. Bisa menggunakan Kaldu bubuk Alsultan karena di buat dari daging ayam atau sapi yang di ektrak jadi bubuk, di tambah rempah-rempah khas Indonesia. Jadi tentu saja gurihnya lebih lembut dan alami. Yang paling penting tanpa bahan pengawet oke !
  10. Jika ingin menghangatkan gorengan, jangan di goreng lagi pakai minyak. Cukup di panaskan saja di teflon anti lengket tanpa minyak atau bisa juga panaskan saja di microwave sebentar.
Demikianlah cara-cara nya semoga bermanfaan untuk saya dan untuk para sahabat semua. TERIMAKASIH


EmoticonEmoticon